-->
DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Media Asing Heboh Pilpres RI, Sorot Anies-Prabowo-Ganjar Ini


NEWS.MK - Media asing kembali menyoroti pemilihan presiden (pilpres) RI 2024. Tak hanya hasil survei, kampanye para calon presiden (capres) pun dibedah dengan detail.

Media Jepang, Nikkei Asia, melaporkan bagaimana para Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, mengambil sikap-sikap populis untuk mendapatkan suara. 

Ini setidaknya dimuat dalam artikel "Indonesian presidential candidates launch populist charm offensives".

Nikkei menuliskan, sejak masa kampanye resmi dimulai pada tanggal 28 November, Anies dan Ganjar telah berkeliling negeri untuk bertemu pelajar, nelayan, dan pedagang pasar. 

Di sisi lain, Prabowo yang masih aktif sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), hanya mengunjungi Sumatera Barat selain daerah yang tidak jauh dari Jakarta.

Namun ada satu yang menarik. Masing-masing mengunjungi pesantren dan bertemu dengan ulama dalam upaya untuk memastikan mereka mendapatkan suara Muslim.

"Ketiga kandidat telah mengunjungi pesantren dan bertemu dengan ulama dalam upaya untuk memastikan mereka mendapatkan suara Muslim," tulis media itu, dikutip Selasa (12/12/2023).

"Pemerintah tidak boleh mengambil jarak dengan ulama, apalagi memusuhi mereka," kutip media itu memuat pernyataan Anies.

"Perhentian pertama Prabowo dalam kampanyenya adalah di dua pesantren di Jawa Barat, dilanjutkan dengan pertemuan dengan ulama di provinsi Banten keesokan harinya," jelasnya soal Prabowo.

"Ganjar memfokuskan kampanyenya di wilayah timur kepulauan Indonesia, termasuk provinsi Papua dan Nusa Tenggara Timur, yang sebagian besar penduduknya beragama Kristen. Namun ia juga mengunjungi salah satu pesantren di Provinsi Kalimantan Timur dan berjanji akan meningkatkan kualitas pembelajaran di pesantren tersebut," tambah Nikkei lagi.

"Istrinya, Siti Atikoh, dan cawapresnya, Mohammad Mahfud MD, telah mengikuti safari pesantren di daerah lain secara terpisah," tulisnya masih membuat Ganjar.

Sebenarnya bukan hanya agama, berdasarkan jajak pendapat, harga bahan pokok menjadi perhatian utama para pemilih. Saat berkunjung ke warga ini juga disampaikan para capes.

"Anies mengatakan akan menjadikan penurunan harga pangan sebagai prioritas dalam 100 hari pertamanya jika terpilih," tulis media itu.

"Ganjar mengatakan, pihaknya akan mengatasi kendala distribusi pupuk dengan cara menurunkan harga pupuk dan produk pertanian," muatnya lagi.

"Prabowo melangkah lebih jauh. Tim kampanyenya pekan lalu mengatakan bahwa mereka telah mulai membagikan makan siang dan susu gratis di sekolah-sekolah dan akan melakukannya di seluruh 38 provinsi di Indonesia selama masa kampanye, yang dijadwalkan berakhir beberapa hari sebelum pemilu," jelasnya.

Pilpres RI dijadwalkan berlangsung 14 Februari. Sekitar 204,8 juta warga Indonesia akan memilih pemimpin baru di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. [CNBC] 

==============

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari News.MuslimKreatif. Mari bergabung dan follow di Twitter "News.MuslimKreatif Update", caranya klik link https://twitter.com/indoaktual, kemudian join. Anda harus install aplikasi Twitter terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->