-->
DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Pantes Anies Kalah Terus di Survei SMRC dan Indikator


NEWS.MK - Tidak mengherankan calon presiden (capres) nomor urut satu dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan selalu kalah dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Indikator Politik Indonesia.

Pasalnya, kata pegiat media sosial Lukman Simandjuntak, koalisi capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo membiayai survei SMRC, sedangkan koalisi capres nomor urut dua Prabowo Subianto membiayai survei Indikator, sehingga pemenang ditentukan pihak pendana survei, wajar jika Anies Baswedan kalah.

“Masing-masing sibuk rekayasa opini, SMRC dibiayai koalisi Ganjar, hasilnya yang bersangkutan menang, Indikator dibiayai koalisi Prabowo, maka hasilnya yang bersangkutan yang menang. Koalisi Anies gak bayar, alhasil kalah melulu,” ungkapnya.

Lukman pun mengambil kesimpulan elektabilitas tertinggi dalam survei tergantung siapa pihak yang mendanainya. 

“Kesimpulan pemenang ditentukan siapa yang biayai, etika keilmuan survey gak penting,” imbuhnya dikutip dari akun X pribadinya, Senin (11/12).

Sementara itu, dalam survei terbaru, namun bukan SMRC maupun Indikator, paslon nomor urut dua dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak.

Dalam jejak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 Prabowo Subianto dan Gibran meraih elektabilitas 39,3 persen dalam survei yang digelar pada 29 November hingga 4 Desember 2023 itu.

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Bambang mengatakan Prabowo-Gibran unggul pada pemilih perkotaan dan perdesaan dari laki-laki maupun perempuan. 

“Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama,” tulis Bambang.

Kemudian posisi kedua adalah paslon nomor urut satu dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan suara 16,7 persen, lalu disusul paslon nomor urut tiga dari PDIP Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 15,3 persen.

Survei pada Litbang Kompas dilakukan dengan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Tingkat kepercayaan dalam metode tersebut 95 persen dengan margin of error lebih kurang 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana serta dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas. [Populis]

==============

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari News.MuslimKreatif. Mari bergabung dan follow di Twitter "News.MuslimKreatif Update", caranya klik link https://twitter.com/indoaktual, kemudian join. Anda harus install aplikasi Twitter terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->