-->
DuuDoxeek82MOCmc98xdi89lHUhYNPeEcNhBHoUk
Bookmark

Modus Kotor untuk 1 Putaran, Ada Kades yang Minta Warga tidak Datang ke TPS

 


NEWS.MK - TIM Hukum Nasional Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN Timnas AMIN) mencium adanya upaya memuluskan jalannya Pilpres 2024 satu putaran. Hal ini bakal dilakukan dengan praktik yang kotor. 

Ketua THN Timnas AMIN, Ari Yusuf Amir mengatakan salah satu modus yang dilakukan dengan mengerahkan kepala desa (kades) untuk memenangkan salah satu pasangan calon (paslon). Khususnya terjadi di desa yang minim pengawasan.

"Kades meminta warganya untuk tidak perlu datang ke TPS," ujar Ari dalam acara Catatan Timnas AMIN untuk Pemilu Jurdil dan Bermartabat di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta, Selasa, 13 Februari 2024. 

Ari menambahkan untuk memuluskan modus itu, kades bakal memberikan sejumlah uang ke warganya. Sementara, kertas suara bakal dicoblos semua oleh kades atau jajarannya.

"Ini fakta fakta yang ada di lapangan. Kami memiliki, tim hukum nasional di 34 provinsi," jelasnya.

Selanjutnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bakal terlibat. Seperti memobilisasi massa yang tidak punya hak pilih untuk memberikan suaranya.

"Penggelembungan atau pengurangan suara dan sebagainya," tuturnya.

Kemudian, potensi pertukaran kotak hasil pemungutan suara dengan kotak yang telah dimanipulasi. Hal ini dilakukan di tengah jalan. 

"Selanjutnya, menyalahgunakan sistem IT KPU. Misalnya dengan mengupload data hasil rekapitulasi suara yang tidak riil," terangnya.

Terakhir, penggunaan lembaga survei yang akan mengumumkan hitung cepat dengan hasil tak valid. 

Hasil itu akan diumumkan di tengah proses penghitungan suara di TPS.

"Pengumuman ini akan mempengaruhi faktor psikologis saksi dan masyarakat umum. Nah, itulah fakta-fakta kecurangan yang akan terjadi," pungkasnya.

Sumber: MediaIndonesia

==============

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari News.MuslimKreatif. Mari bergabung dan follow di Twitter "News.MuslimKreatif Update", caranya klik link https://twitter.com/indoaktual, kemudian join. Anda harus install aplikasi Twitter terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar

Posting Komentar

close
-->